Wednesday, April 18, 2007

nature detective 1: we are the birdwatchers


gaya aruna kalau sedang pergi-pergi, sekarang agak lain, karena dia selalu membawa binocular tercintanya, dan silly hat-nya (iya topinya dinamain sendiri, sejak tau ada lagu silly hat dari cerita barney. topi ini pembagian dari surestart jaman tahun lalu, warnanya orange, udah mulai bulukan dan dipakenya suka terbalik, tapi aruna cuuiinntaaaa deh sama ni topi).

gayanya itu loh, suka bikin orang di jalan, ngeliatnya geli ngakak dan ibunya jadi suka senyum tersipu-sipu. soalnya aruna jadinya suka neropong apa saja. kalo tanaman yang ada lebah atau ulatnya atau atau burung-burung, sih gak papa. cuma orang lewat juga jadinya suka diteropong dia. trus sambil say hello lagi! udah ibu ingatkan juga sih, cuma kalau orang bilang, "wow, so cute!", dianya jadi tambah GR gitu loh!



kembali ke cerita teropong-meneropong, ibu terinspirasi sekali dengan buku the birdwatchers karya simon jones, bagus sekali buku ini dan si aruna juga suka mendengarkan ceritanya. sedangkan si aruna kayaknya lebih terinspirasi dengan CD barney yang berjudul outdoor fun, yang diberi mbak inta jaman dulu. dulu sempet seneng nonton cerita barney ini, tapi sekarang udah ngga pernah sama sekali. makanya waktu kita mulai beraktivitas seputar "birdwatching", aruna ingat kembali cerita barney itu.


ibu dan aruna juga sedang mempersiapkan 'wildlife garden' kecil-kecilan, di belakang rumah sebenarnya. cuma, selain membiarkan rumput sedikit memanjang lagi :), kita baru mulai dengan membuat bird feeder
. bahannya sebenarnya sudah kita punya sejak springwatch tahun lalu, yaitu batang pohon kecil yang kita isi dengan berbagai jenis biji-bijian yang diberi sedikit lem (dari tepung kanji dan air) agar menempel di lubang batang tadi.
iya mudah-mudahan banyak burung yang mau mampir ke halaman belakang, supaya bisa kita 'spot' kalau beruntung pas lihat :)




sebagai kegiatan lapangan lainnya, sebenarnya ibu merencanakan pergi ke kirkless valley, di bury sana. biar aruna bisa puas liat 'wildlife' yang sesungguhnya. cuma masih belum dapet temen lain yang bisa ikutan. soalnya seru juga kalo bareng-bareng perginya. lagian tempatnya mayan jauh. mudah2an dalam waktu minggu depan, bisa teralisir rencana ini. oiya, semua panduan tentang springwatch ada di http://www.bbc.co.uk/sn/tvradio/programmes/springwatch, atau http://www.english-nature.org.uk/about/springwatch.htm.
ibu tinggal milih-milih kegiatan apa saja yang bisa dilakukan sama aruna (dan ibunya, tentu saja!).

No comments: