Wednesday, April 18, 2007

gardening 5: cerita seputar berkebun

ini dia buku-buku seputaran berkebun yang sedang dan akan dibaca aruna.


lumayan membantu untuk mengingatkan kembali apa yang sudah ibu jelaskan waktu 'praktikum'nya :)
buku yang pertama adalah the small, small seed, karangan judith nicholls bercerita mengenai bagaimana benih bertumbuh. buku ini dilengkapi dengan texture yang beraneka untuk menunjukkan seperti apa bagian2 tumbuhan itu. aruna sudah mengenal kata-kata baru seperti tunas, batang dll dalam bahasa indonesia, nah sekarang dia belajar kata2 itu dalam bahasa inggrisnya.
oiya buku ini bercerita tentang menanam benih bunga matahari. ibu kemudian melibatkan aruna untuk menanam benih bunga matahari juga. jadinya dia merasakan bagaimana texture benih bunga matahari itu sesungguhnya juga.

buku the gift of the sun, merupakan cerita dongeng dari afrika selatan. buku ini karangan dianne stewart dan jude daly. masih seputar bunga matahari juga, cuma ternyata buku ini melibatkan cerita lainnya yaitu tentang peternakan. jadinya lumayan juga nyambung dengan tema pelajaran aruna berikutnya yaitu tentang animal farm.

cerita ketiga berjudul in wibbly's garden karya mick inkpen. model buku ini adalah a lift the flap book, jadinya lumayan seru aruna membacanya. ceritanya tentang wibbly pig yang mencari boneka pigleynya namun malah mendapatkan biji buncis. akhirnya wibbly pig menanamnya dan tumbuh menjadi beanstalk yang mencapai ke tempat tinggalnya raksasa. raksasanya sedang kehilangan ayam ajaibnya sedangkan wibbly pig mencari pigleynya. pokoknya ceritanya 'happy ending' kok, masing2 ketemu dengan barang yang dicarinya.

waktu maen di toy library, aruna belajar menanam benih buncis juga. jadinya sambil menanam, ibu cerita lagi sambil mengajak aruna berkhayal kalau beannya nanti bisa tembus ke langit, aruna bisa panjat-panjat pohonnya sampai ketemu raksasa yang baik hati.

2 comments:

fitri said...

Blognya keren banget...inspiratif! Jadi pengen praktekin di rumah nih :-). Kebetulan ada 2 balita juga di rumah, dan kadang-kadang aku keabisan ide, mo ngapain lagi he he.. Boleh aku link yah?

aruna said...

terima kasih sudah mampir tante fitri.
senang sekali bisa berkenalan juga dari aruna dan ibunya :)

silahkan saja untuk di-link kalau memang berguna.