Monday, April 16, 2007

belajar mengenal nama bumbu

kalau ibu sedang memasak, aruna suka (gayanya) membantu ibu di dapur. kalau cuma kupas bawang, atau petik2 sayuran, dia tak mau lagi duduk sendiri di ruang makan, maunya ya deket ibu di dapur. padahal yang namanya 'dapurnya ibu' tuh kecil, nyempil, dan kalau pas masak mesti penuh sesak. nah tapinya aruna ngeyel mau di dapur saja. ya akhirnya ibu naikkan aja aruna ke atas meja kecil buat tempat persiapan masak, agak jauhan sedikit dari kompor. kalau sudah selesai 'tugasnya', aruna mulai tuh tangannya gerayakan ambil garam, merica dan sebangsanya. trus diapain? kalau ngga dicicip ya buat maenan dituang-tuang. walah!!!

nah daripada energinya terbuang buat nungguin dan ibu membersihkan 'hasil perbuatannya' percuma, akhirnya aruna belajar mengenal nama2 bumbu dan baunya. sekarang sudah mulai hapal sedikit-sedikit, yang namanya merica, ketumbar, kayu manis, pala, kunyit, kencur dll. trus kalau herbs yang kering, juga ada thyme, rosemarry, chives, sage, basil, parsley dll, aruna paling hapal yang namanya rosemarry.
iya soalnya kita waktu jalan kemarin dulu, kita meliat tanaman aslinya. ibu kasih aruna mencoba mencium tanaman itu, trus inget ngga ya namanya apa dari baunya? ternyata ngga sih :), setelah ibu jelasin kalau itu namanya rosemarry, sejak itu aruna mulai inget terus si rosemarry ini.


No comments: