Wednesday, November 08, 2006

caterpillar day

ceritanya pagi ini kita akan belajar ttg metamorfosis. (waahhhh kejauhan niiiy, anaknya baru 20 bulan, loh ibu!) hehehe engga kok... ceritanya, kita mau belajar ttg caterpillar yang berubah jadi butterfly. aruna kan udah biasa tuh denger caterpillar, udah liat hewannya kayak apa, trus juga kupu2, udah sering baca2 buku, udah sering denger.

soalnya aruna dulu udah bisa menjelaskan kalau beras dimasak, matang jadinya nasi. (gara2nya siy karena nunggu nasi dimasak dan dia kelaperan berat) makanya ibu coba2 deh, bisa mengerti ngga aruna cerita lagi soal perubahan wujud ini.

ibu udah pinjem dvd ttg the hungry caterpillar senin kemarin. nah ibu putar satu bagian aja (karena ternyata didalamnya ada 6 film). nah aruna seperti biasanya, matanya ngga lepas dari TV kalau ada tontonannya, cuma mudeng ngganya belum ketahuan :). setelah itu kita baca bukunya juga, persis seperti yang difilm tadi. cuma dengan buku ini, ibu pengen me-recall kembali, apa aruna masih ingat ngga. kita baca bukunya sampe 2 kali. habis itu deh, si aruna udah bisa nyebutin caterpillarnya makan apa aja biar gendut dan jadi cocoon.

setelah itu, kita bikin caterpillar dari tempat menyimpan telur. aruna sih seneng banget disuruh mewarnai badannya. kita tambahkan antena dengan kawat berbulu.
trus setelah kering catnya, kita bikin juga cerita dramanya. si caterpillarnya dikasih maem buah2an, mulutnya si aruna ngikuti juga gaya caterpillar makan, (ibunya udah kasih contoh sih sebelumnya)," chop, choup, choup," gitu bunyinya.
wah senengnya aruna bisa menirukan makan kayak caterpillar!

hari itu kita sudahi sampai caterpillar jadi coccon, minggu depan kita eksplorasi ttg butterfly-nya. lagian sesuai ceritanya, jadi cocoonnya khan selama 2 minggu. kita lihat apa aruna masih ingat cerita ini.

siangnya jam 1.30 kita cabut ke library. kembaliin buku yang dipinjem aruna dan ibu ambil buku juga, ibu masih cari2 juga buku tentang catterpilar. trus aruna kemana? ikutan singing time session deh dia. pulang dari library, boboknya aruna lama banget. kecapean, habis goyang dombret...

No comments: