Tuesday, May 08, 2007

semua yang serba coklat!

ini beberapa snack buatan aruna yang serba mengandung coklat. untungnya ngga tiap hari, kalau iya, wah aruna yang kesenangan :). iya, mending begini ketimbang aruna nangis minta biskuit warna-warni kayak kakak tetangga sebelah.

hmmm, kenapa bisa begitu?
yang namanya bersosialisasi tentu saja ada positif-negatifnya. kalau positifnya ya tentu saja banyak sekali dong (mending ngga usah dibahas aja ya), cuma susahnya ya kontrol terhadap apa yang dilihat dan kemudian aruna minta, jadi lebih kenceng!
apanya sih yang mesti dkontrol? ya apalagi kalau bukan jajanan yang biasa anak-anak itu pegang. ya, kalau mereka boleh sama ortunya ya itu urusan pribadi ya (emangnya ibu bisa bilang apa?). cuma kalau udah melibatkan aruna, well, tunggu dulu nih! (ibunya tanduknya mulai keluar dikit)

BUKANnya ibu melarang SAMA SEKALI buat aruna makan jajanan yang begituan, tapi kalau SETIAP HARI mereka makan jajanan begituan dan aruna melihatnya, itulah yang ibu khawatirkan.
permen, ice cream, biskuit dengan glazing warna-warni, coklat beraneka bentuk yang muuanis banget itu (kelihatannya), atau permen karet yang bikin lidah mereka ijo, kuning, merah, orange dll...waduh aruna kayak ditontonin iklan hidup deh!(padahal gak pernah liat iklan sendiri si aruna ini). ibunya sok protektif ya? emang aye orangnya!!!maap deh, yang!

untungnya (untungnya banget) setelah ibu bilang kalau mau nawari aruna, anak-anak itu harus minta ijin sama ibu dulu, mereka nurut. terus kalau aruna bengong liat mereka makan, ni anak malah minta pulang dan makan dulu di rumah (ngga dibiasain bawa makanan sambil jalan kemana-mana, apalagi sambil jumpalitan!). terus untungnya lagi, walaupun keliatan kepengin banget, arunanya ngga pernah minta tuh sama mereka langsung, cuma lirik-lirik simaknya terus minta pulang, minta 'jatah' snack sorenya juga hehehe....

duh-duh kok segitunya sih bu? iya nih, soalnya yang namanya membentuk kebiasaan makan sehat itu engga gampang, ibu pikir sedari kecil udah kudu diajari. kalau besarnya aruna lebih senang makanan di luar rumah, yah yang penting sudah diusahakan sedari kecil. ini bicara yang sekarang loh ya, kalau aruna udah gedean, kita bisanya hanya mengingatkan saja, dan mudah-mudahan kalau yang namanya mencintai makanan rumah dan kebiasaan makan sehat bisa jalan terus.
tapi selama ini memang masih terkendali, separah2nya kasih makanan bergula, ice cream dll, yah tentu sudah melewati screening ibunya (lihat bahannya tentu saja), atau kalau harus terima dari teman lain, ya, khan tidak tiap hari makannya.

dan bukannya aruna ngga pernah menikmati enaknya makan coklat, atau ice cream atau permen. selama masih bisa bikin sendiri, ya mending ibu dan aruna bikin, yah sambil belajar juga, sambil cekakakan berdua, dan kalau udah dipanggang tuh kue, kita berdua sukanya sambil membayangkan enaknya makan, biar kata bentuknya ngga keruan :) atau kalau pas bikin ice cream, kitanya bdua suka bukain kulkas buat liat kapan ice creamnya jadi (lah malah bikin tambah lama jadinya:)!!!).

puffed rice coklat
,
organic puffed rice ini plain, ngga ada rasanya. jadi buat snack enaknya dikasih yang manis dikit. kalau di indo, kalau ngga salah sih namanya jipang.




soft baked chocolate biscuits




banana chocolate cake

eh maap ngga ada gambarnya ding!

strawberry with chocolate dip


1 comment:

krismariana widyaningsih said...

aruna, besok kalo gede jadi koki aja. asyik kan? hehehe. bisa makan terus. bisa buat makanan sehat setiap hari. hmmm... nyam... nyam...!