Friday, March 30, 2007

ular di "magic carpet" museum

jumat kemarin, aruna ikut sessi magic carpet-nya museum manchester. ini kegiatan rutinnya tiap jumat terakhir tiap bulan. cuma udah 3 bulan terakhir, dia kagak ikutan...soalnya ada aja acara lain yang bersamaan. kali ini kita belajar tentang kodok, ular dan sejenisnya di vivarium section. yang ikut kali ini, walah rame sekali, sampai desak2an deh ibu-ibunya. story timenya berjudul hoppaamelon, seekor katak yang mengidentifikasi dirinya dengan berbagai binatang lainnya. bagus deh ceritanya. aruna pertamanya sih mendengarkan, cuma udah tengah2 cerita, dia malah maen sama kakak di sebelahnya. mana ngajakin liat bagian unggas dan telurnya. dia malah ngajakin kakak itu menghitung telur. untungnya mereka dua ngga terlalu ribut dan mengganggu yang lainnya.
soalnya ibu duduknya rada jauhan dari aruna, kalau ngga bisa ngingetin deh!

trus setelah cerita selesai, kita liat berbagai macam kodok yang ada di museum. pas dia liat yang namanya tomato frog, aruna bilang,"mommy, gendut kodoknya". trus langsung aja ibu kasih liat yang namanya toad, mau tahu apa dia bisa membandingkan sekarang mana yang lebih besar/yang lebih kecil. trus dia bilang kalau yang ini (si toad) yang lebih besar. ya syukur deh berarti "pelajaran matematik lebih besar dan lebih kecilnya, masuk di ni anak :)

kita liat juga berbagai jenis ular, dan kadal yang hidup di padang gurun sana. pas liat si kadal ciuman, aruna langsung teriak,"mommy, sun..sun (cium, maksute). ndak mau sun ayah, ndak mau!". walah maksute apa ya???

terus kita kembali ke tempat awal dan disana sudah disiapkan kertas untuk menggambar dan menempel. cuma aruna ngga terlalu berminat sebab tempatnya khan sempit, senggol2an sana sini, mungkin aruna ngga merasa jenak ngerjainnya, makanya dia malah ngajak ibu maen liat tempat lainnya. hasilnya punya aruna kayak gini:


gak lama kemudian kita pindah lagi ke satu tempat, kita semua duduk melingkar, terus ternyata kita dikasih liat sama ular betulan! anak2nya pada seneng pas diliatin satu2. aruna juga senang, malah mau minta pegang, cuma khan ngga boleh sama pawangnya hehehe. pawangnya ini lumayan pinter menjelasin tentang si ular ini, seperti makanannya, cara makannya, hidupnya dimana, dll.

ada kejadian yang menarik pas ular ini ditaruh di lantai untuk diperlihatkan gimana cara jalannya. ular ini selalu datang ke arah aruna! jadi waktu yang pertama, si ular ini emang rada menghadap aruna pas dikasih lihat. pas itu arunanya masih diem aja, soalnya khan juga kitanya dibilangin ngga boleh bergerak. udah mulai deket, diangkat lagi sama pawang itu...terus dipindahkan lagi ke arah bersebrangan dengan aruna dan si pawang membelakangi aruna. weiiiila, kok si ular itu menerobos di bawahnya mas pawang tadi, dan berjalan ke arah aruna! nah ini si aruna dah mulai naik kakinya, kali karena kerasa kalau ibu rada grogi, soalnya ibu udah mulai deg2an juga.
nah yang ketiga kali, ularnya dipindah ke arah yang bener2 rada jauh dari aruna. ditaruh lagi di lantai, terus sambil cerita ni si pawang, si ular itu loh kok melewati deretan teman2 aruna, lah kok mendekat ke si aruna lagi!! aruna udah deh langsung nangis minta keluar dari lingkaran itu. ularnya dibawa lagi sama pawangnya, ngga ditaruh ke lantai. ibu bawa si aruna keluar. soalnya nangisnya mulai kenceng.
ngga tau juga nih kenapa si ular itu demen bener ya sama si aruna? sempet lama juga niy dia nangisnya, sampai sesi selesai baru deh dia diem, setelah dapet kodok2an kertas 2 biji...hehehe. terus tumbennya lagi, mau pulang, aruna yang ngajakin. biasanya kalo ke museum khan, susah ngajak pulangnya! moga aja ngga kapok deh bulan depan dateng sini lagi.

3 comments:

tes said...

"ndak mau sun ayah" [???], mungkin aruna mendadak terbayang muka ayah kayak mukanya kadal???

huahahahah..!!

beli tahu guling naik ojek
just kidding, jack..

:D

aruna said...

ibu kira juga si aruna ngga nyambung komentarnya, cuma kalau yang kepikir ini, juga bisa jadi ya!!!!?hehehe
(maap ayah, nanti malam makan enak kok..:)PEACE!!!)

Esti said...

nanti malam makan enak? rica-rica kadal???

gwahahahahah!!

hadoh.. kasian bener si kadal yak..