Wednesday, March 21, 2007

belajar mengenal huruf

berawal dari kata ARUNA, OPEN , BBC, dan BUS STOPPING, yang hari-hari kita lihat kalau kita jalan di sepanjang rusholme, trus kalau kita naik bus dan satu lagi kalo lewat kantor BBC, aruna kini sudah mengenal huruf O, I, B, P, U. kalau ada salah satu huruf tersebut terlihat oleh aruna, dia akan langsung menyebutnya dengan kenceng! hehehe..

aruna juga belajar "menggambar" huruf itu. dia minta dituliskan dulu terus baru belajar ngikuti polanya. cuma kalau yang putus waktu menulis, seperti huruf P p, masih susah, apalagi B b!

kalau buat menulisnya, hahaha... kayaknya masih lama deh bisanya, yang jelas kalau bikin bulatan dan garis udah biasa. makanya berbekal buku Handwriting Pattern karangan Norma Gaunt dan Jane Whitell, pelan-pelan ibu kenalkan dengan menggambar pola lengkungan dan zigzag, terus belajar "menggambar" dari kiri ke kanan. aruna juga khan masih sukanya kertas putih ketimbang kertas bergaris, makanya belum ibu kasih juga kertas bergarisnya. alhasil pola gambarnya suka random tempatnya deh :).
lagian kalau nulis, gayanya masih suka ganti2 tangan juga.



yang jelas sekarang kalau 'belajar', aruna sudah mulai merasa nyaman duduk di kursi belajarnya, soalnya kontrol dalam memegang pensil jadi sangat terbantu, dan dia mulai membiasakan belajar duduk berkonsentrasi...cuma emang masih ngga tahan lebih dari 15 menit! hehehe...tangannya itu loh mulai bergerilya cari kotak kalung, pengennya bikin kalung terus, atau mulai lirik2 cat dan kuas dan tumpukan kertas putih bekas, atau malah pengen naik meja sambil bergaya nyanyi the grand duke of york deh, hahaha...
ya wislah, kapan dia mau aja. tapi kalau pas niat, ya minta juga sendiri.


dengan huruf A, a, baru saja mulai, karena mulai ibu kenalkan. mulainya dari yang senangnya dimakan, yaitu apel, trus buah2 lainnya yang berawal a yang biasa dilihat (tapi aruna ngga suka), kayak apricot dan avocado. satu lagi yang senang dilihatnya, apalagi kalau bukan aeroplane! cuma aruna malah mintanya digambarin apel dan aeroplanenya terus ketimbang gambar hurufnya hehehe... dia mulai bawa2 sih bentuk huruf A a itu, dan kadang dia menyebutnya juga, cuma kalau pas ingat.

ya udah kayaknya ibu balik lagi aja liat kesukaan aruna belajar abjadnya dari abjad yang dia suka dan bisa dulu aja.

di beberapa barang dan tempat di rumah sudah mulai ibu pasang label tulisan juga, seperti pintu, jendela dll, biar dia lebih familiar dengan abjad/nama benda di sekitarnya.

No comments: