Wednesday, March 28, 2007

moon??? siang-siang, mommy ? no night-night?

ini udah sering banget sebenarnya diucapkan aruna, cuma ngga pernah ibu jelaskan karena bingung jelasinnya sebenarnya. ceritanya, dulu khan ibu selalu bilang, kalau bulan dan bintang keluarnya malam, kalau matahari keluarnya pagi sampai sore.
aruna sudah liat bulan waktu siang-sorean, dia tahu bahwa itu bulan dan juga ada matahari (padahal waktu itu ngga nampak juga), berarti dia tahu betul kalau itu bulan dan mataharinya must be somewhere out there :)

pas kemarin hari waktu cerah, dimana matahari dan bulan itu benar2 jelas kelihatan, aruna tanya sama ibu lagi," mommy ada moon...ada moon... mommy, ada sun juga!
trus dia diem bentar, mikir kayaknya, trus bilang lagi,"mommy, moon ada siang-siang, ndak malam-malam lagi? no night2?". ibu jelaskan kalau malam juga tetap ada bulannya. cuma bingung juga jelasin kenapa siang2 gitu si bulan ini udah nongol juga. kalau jelasin tentang waktu dan gerak peredarannya khan jelasinnya susah lagih buat ditangkap bocah segini....dibuat simple dengan percobaan? mungkin gak ya dia mengerti? hehehe, ngga maksain dia supaya mengerti sih, cuma tetep bingung aja si emaknya nih, cari-cari caranya...

jadinya, ibu jawab, kalau ibu ndak tahu, "nanti kita tanya ayah ya..."
lumayan bisa nge-les sebentar, buat nanya ayahnya...:)

cuma pas tadi jalan lagi, waduh ibu lupa nanya gimana cara jelasinnya ke aruna ke ayah, eeeh si aruna nanya lagi. dasar si emak!
(ayah, ayah... kalau ayah baca blog ini, jelasin ya ke aruna besok pagi, ojo lali loh...kalau bisa, malem ini kita belajar kelompok dulu ya...:))

No comments: