Sunday, April 20, 2008

Displaying Aruna's Art

Bersama bude Binny, berpose di depan kanvas 'Pelangiku' dan 'Tanganku dan Nara'

Selama ini Aruna banyak menuangkan coretannya di buku gambar. Sudah banyak buku gambar yang dia gunakan, namun jarang sekali kami bisa menikmati hasil karyanya dengan sungguh-sungguh. Maksudnya kadang kami hanya melihatnya di buku gambarnya jika ingin melihat kembali perjalanan kreativitasnya. Aruna pun demikian, karena setelah menggambar dari lembar ke lembar berikutnya, dia seakan tidak 'connect' dengan gambar-gambarnya tersebut.

Ibu dan ayah berpikir bahwa sebaiknya hasil karya terbaik Aruna (dan nantinya Nara) dipajang di ruang tamu atau ruang manapun untuk bisa dinikmati kapan saja dan oleh siapa saja. Selain Aruna bisa terpacu untuk membuat karya seni yang indah, karena akan ada banyak proses yang terjadi misalnya dialog, atau pencarian inspirasi melalui karya yang akan dia berikan. Ini juga merupakan kesempatan untuk Aruna belajar mendeskripsikan apa yang dibuatnya ketika nanti ada yang bertanya. Melihat pentingnya hal ini, menjadikan ruang tamu sebagai 'mini art gallery' adalah salah satu komitmen ibu dan ayah untuk mengapresiasi hasil karya seni anak-anak.

Apa saja media yang ibu pakai untuk men'display' karya seninya bagi publik?
1. Gambar dalam pigura atau kanvas di dinding
2. Art Wire, untuk menggantung hasil art and craft yang berbentuk kecil-kecil atau yang mempunyai jalan cerita.
3. Buletin dinding, mirip dengan art wire, hanya dalam bentuk papan.
4. Meja display untuk karya natural.

Nah, kesempatan menunjukkan karya-karya tersebut dilakukan ketika kita mengadakan acara di rumah. Misalnya syukuran, atau ulang tahunan atau acara lainnya yang dibuat khusus atau dibarengkan dengan pergantian tema art gallery-nya. Jadi, bersama Aruna, ibu dan ayah membantu memilih karya-karya terbaik (atau disesuaikan dengan tema) atau juga hasil foto-foto kegiatan.

Banyak hal yang dipelajari bersama dalam proses ini, Aruna bisa mengambil inisiatif atas proses karena memang hal ini menyangkut karya-karyanya dan sekaligus belajar mengambil keputusan atas apa yang ingin dia (dan harus kami dukung) untuk dilakukannya. Mudah-mudahan kami bisa tetep meneruskan apa yang dikatakan eyang Pablo Picasso disini.
Doakan kami ya!

Belajar menggunakan cat acrylic di kanvas


No comments: