Friday, November 23, 2007

Belajar tanaman obat-obatan

Berbagai jenis tanaman yang ada di halaman rumah eyang ternyata hampir semuanya bermanfaat baik sebagai bahan pangan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, juga sebagai obat-obatan yang jenisnya banyak atau juga sebagai jampi stress alias cuma buat dilihat-lihat seperti koleksi anggrek dan tanaman hias :)

Nah ada beberapa tanaman yang sering diamati Aruna karena sekilas tampaknya cantik,

ternyata berkhasiat sebagai obat juga. Aruna pun jadi belajar berbagai tanaman obat yang ada di kebun eyang. Dia sering mencocokkannya dengan gambar dan foto tanaman dari buku eyang yang sering dipinjamnya.

Ini cuplikan waktu kita mengamati buah mahkota dewa dan buah makasar:

"Mommy, ini baby grapes and baby apple ya?" tanya Aruna.
"Bukan, yang merah namanya buah mahkota dewa dan yang kecil-kecil ini namanya buah makasar. Ini bagus untuk obat banyak penyakit Aruna," jelas mommy.
"Bukan, ini apple untuk makan, ini grapes untuk makan, ini obat perut mommy!" kata Aruna setengah ngeyel sambil ngeloyor pergi.

Kalau yang ini cuplikan pembicaraan kami waktu mengamati tanaman Tapak Dara di bukunya eyang:
"Ini ada, mommy?" sambil menunjukkan salah satu gambar yang ada di buku.
" Aruna lihat ndak di kebun eyang?", tanya mommy balik.
"Ada, di situ,"jawab Aruna lagi.
"Ini untuk apa mommy? untuk sakit perut?"tanya Aruna lagi.
"Bukan, kalau yang ini buat sakit kanker, kencing manis dan penyakit kelainan darah (maksute leukimia), " jawab mommy sesederhana mungkin.
"Mommy, mommy, berdarah kena tajam2 makan ini, cepat sembuh ya!" simpul Aruna lagi.
Duh padahal bukan itu siy maksudnya, cuma mau menjelaskan lagi, juga bingung mommy-nya :)

Kalau yang ini pembicaraan waktu kita metik daun ungu:
"Aruna, yuk kita ambil daun ungu, nanti kita rebus terus kita minum ya airnya, supaya kalau Aruna pxp, ndak sakit lagi, kata mommy.
"Kambing juga sakit kalau exk ya mommy? kambing makan ini ya!"kata Aruna lagi.
Mommy bengong mode-on, setelah diingat-ingat oiya, dulu khan Aruna sempet mengusir kambing yang masuk pekarangan dan makan tanaman ini ya...

Yah begitulah, walaupun sering engga nyambungnya antara yang dijelasin sama yang nanya, Aruna senang sekali mengamati berbagai tanaman obat-obatan yang ada di halaman eyang.

Selain itu, terkadang, kalau eyangnya jemur2 tanaman obatan kering , Aruna pun ikut membantu menjemurnya atau memasukkan lagi ke kantungnya.

Mudah-mudahan kecintaannya pada tumbuhan obat bisa semakin besar dan suatu saat Aruna tertarik juga untuk terus mengembangkannya seperti eyangnya :)

No comments: