Friday, August 15, 2008

Olympic Beijing, China

Mumpung ada kesempatan olimpiade di Beijing, Aruna ibu ajak belajar tentang negara Cina.

Kebetulan di museum juga ada sessi tentang Cina. Ya udah langsung aja ikutan di "magic carpet"nya museum. Pertama, Aruna diperkenalkan tentang apa itu Olimpiade, apa itu bertanding, dan bahkan ada cerita singkat tentang racing antara hare dan turqoise. Kemudian ada cerita tentang persahabatan Sang Tripitaka, Babi dan Monyet. Setelah itu mereka dikenalkan juga dengan berbagai kesenian tradisional China. Di sessi art and craftnya, Aruna membuat naga yang dilipat dan bisa dimainkan dengan tongkatnya seperti wayang. Ini mengingatkan kembali gambar naga yang dulu dilihatnya waktu perayaan Gong Xi Fa Cai di Pontianak.

Di kesempatan lain, ibu juga membawa Aruna ke Costum Gallery, buat mencoba baju Cina. Dia juga merasakan bagaimana susahnya berjalan memakai sandal kayu (tetapi gak mau kaos kakinya dilepas, makanya susah!)

Kebetulan di TV juga sedang banyak acara mengenai Cina, misalnya acara di UKTV Food, Aruna senang menemani ibu menonton Kylie Kwong, My China. Atau di BBC yang juga memutar film dokumenter Wild China. Dia juga belajar tentang letak Cina di buku ATLAS dari majalah Times.

No comments: