Wednesday, December 12, 2007

Ke Solo dan Maen ke Jurug

Aruna pergi ke tempat eyangnya dan tinggal di Solo selama seminggu. Senengnya Aruna karena bisa bertemu sodara-sodaranya yang lain juga. Ada kakak adik Nonik, temen maennya yang asyik dan ada juga adik Aryo. Aruna senang sekali diajak naik becak sama eyang atau dibonceng mommy naik sepeda pergi belanja ke pasar Gede dan Luwes.

Di hari terakhir kami disana, ibu mengajak Aruna, Nonik dan Aryo serta papa-mamanya buat jalan-jalan ke Jurug. Disana Aruna malah sempet naik gajah bareng Nonik.

Kami juga melihat berbagai hewan lain yang ada disana seperti aneka jenis burung, kuda nil, singa, harimau, kera, dll. Aruna tampak enjoy menikmati kunjungan kita ke kebun binatang kali itu.

Setelah di rumah beberapa hari kemudian, ibu bertanya, apa perasaan Aruna waktu lihat binatang di kebun binatang? apakah Aruna senang atau kasihan dengan binatang2 itu? Aruna jadi diem. Ibu lalu mencoba menggambarkan bagaimana hidup binatang tersebut yang mungkin justru malah sedih karena disana bukan tempat tinggalnya, disana dia di kandang dan ada yang ngga bisa terbang, ngga bisa lompat-lompat dan hanya duduk saja. Nah tentu saja kondisi itu berbeda sekali dengan yang dilihatnya di saluran Animal Planet.

Hmmm, tidak tahu apakah Aruna mengerti dengan apa yang ibu katakan, tapi setidaknya dia mendengarkan dan mudah2an ada yang mampir di pikirannya dan kemudian dicernanya sendiri.

1 comment:

krismariana widyaningsih said...

kalau di buku LIFE OF PI (terbitan Gramedia), binatang yg di kebun binatang tuh seneng2 aja. soalnya mereka nggak perlu susah payah mencari makanan spt kalau mereka hidup di alam bebas... hehehe. begitu katanya YANN MARTEL, sang penulis buku. (dia dulu punya kebun binatang.)