Thursday, July 19, 2007

Belajar musik lewat film musikal


Doe, a deer a female deer

Ray, a drop of golden sun

Me, a name I call myself

Far, a long long way to run

Sew, a needle pulling thread

La, a note to follow so

Tea, a drink with jam and bread,

that will bring us back to doe

Lagu ini kini menjadi lagu kesayangan Aruna.

Sejak ibu melahirkan adik Nara, tentu saja kerepotan di rumah agak meningkat walaupun sudah dibantu eyang. Untuk jadwal bermain Aruna ke luar rumah, jadi tidak setiap hari ibu bawa aruna ke play groupnya. Kalau kecapekan dan repot, ya kita bermain di rumah saja. Tetap dengan gambar2nya, maen masak2an atau maen apa saja yang dia sedang ingin Aruna mainkan, karena ibu juga masih meminjam mainan dari Toy Library dan bacaan dari Library. Aruna sendiri juga mau tak mau harus terbiasa dengan situasi baru ini dan tampaknya Aruna mulai bisa menerima.

Cuma ya selain juga membantu mengerjakan berbagai pekerjaan rumah yang bisa melibatkan Aruna, Aruna jadi lebih banyak menonton TV sebagai selingan kegiatan. Entah untung entah malang, dengan kondisi yang ada, yang jelas, tetap dimaksimalkan proses Aruna untuk bermain dan belajar, belajar apa saja :)

Apa saja yang kini banyak ditonton Aruna? Selain menonton program Cbeebies, UK History dan acara TV lain yang masih layak ditonton aruna, ibu juga jadi sering memberi tontonan DVD. Berhubung aruna tidak menyukai film kartun, makanya ibu mencari2 DVD yang disenengi, kayak seri Little House on The Prairie, dan seri Brilliant Baby (kayak DVD edukasi) juga film-film musikal, seperti Sound of Music, Mary Poppins, dll. Banyak hal tampaknya memang dipelajari Aruna melalui film-film tersebut misalnya dengan mengingat nama tokoh, menceritakan apa yang terjadi di film, melihat berbagai hal baru dari film. Biasanya ibu atau eyang atau ayah yang mengajaknya untuk berbincang-bincang tentang apa saja yang baru dilihatnya

Satu film musikal yang sangat disukai Aruna adalah Sound of Music. Aruna banyak belajar melalui lagu-lagu yang ada, termasuk menghafal lagu, belajar notasi dan menyanyi.

Di film tersebut memang diajarkan sekaligus hal-hal tersebut dengan alur cerita dan pengambilan gambar yang indah. Tentunya hal ini sangat menyenangkan bagi Aruna ketika mencoba menyanyikan lagu2 yang ada :) Selain itu dia juga sering bermain peran menjadi suster, menjadi Maria waktu di pernikahannya atau menjadi anak-anak Captain Von Trapp yang berlari kesana-sini mengikuti gaya mereka waktu belajar menyanyi.

No comments: